kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45916,25   -4,93   -0.53%
  • EMAS960.000 -0,10%
  • RD.SAHAM -0.05%
  • RD.CAMPURAN -0.03%
  • RD.PENDAPATAN TETAP 0.02%

Strategi PBID dalam meningkatkan Penjualan & Laba Bersih - PT Panca Budi Idaman Tbk


Rabu, 12 Agustus 2020 / 15:30 WIB
Strategi PBID dalam meningkatkan Penjualan & Laba Bersih - PT Panca Budi Idaman Tbk
ILUSTRASI. Kontan - PT Panca Budi Idaman Tbk Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - PT Panca Budi Idaman Tbk. (PBID) merupakan perusahaan terpadu yang memproduksi dan mendistribusi Consumer Packaging dan Bahan Baku Plastik yang terintegrasi dengan kegiatan produksi, distribusi dan perdagangan. Produk Consumer Packaging Perseroan, terdiri dari  plastik food grade PE, plastik food grade PP & plastik food grade HDPE, gelas plastik, food pack, kertas nasi, dus kue dan lain-lain. Sedangkan Produk Bahan Baku Plastik Perseroan, terdiri dari  Bahan Baku Plastik PE, Bahan Baku Plastik PP & Bahan Baku Plastik HDPE.

PT Panca Budi Idaman Tbk merupakan salah satu pemimpin di industri kemasan  plastik di Indonesia. Menurut Lukman Hakim, Direktur  PT Panca Budi Idaman Tbk : “kami salah satu pemimpin di industri kemasan Plastik dengan penguasaan pasar diatas 30% di industri kemasan plastik di Indonesia. Saat ini, masih ada room yang besar untuk berkembang dan tumbuh kedepannya”.

Saat ini, kami fokus pada pertumbuhan penjualan secara quantity sebesar +/- 10% dan fokus pertumbuhan laba perusahaan melalui efisiensi biaya produksi dan biaya operasional karena peningkatan kapasitas Pabrik di Jawa Tengah, yang mana didukung biaya tenaga kerja yang murah. Untuk target Net profit margin tahun ini bisa diperkirakan di atas 7 %. Dan juga, kami fokus menjaga rasio utang atau Debt to Equity Ratio (DER)  di kisaran 33% – 35% di tahun 2020. 

Pada tahun ini PBID membagikan dividen tunai sebesar Rp 110,62 Miliar atau 49,58% dari laba tahun 2019 yang mana lebih besar dari tahun sebelumnya. Menurut Lukman Hakim, Direktur  PT Panca Budi Idaman Tbk : “Karena cashflow  kami masih sangat kuat,  juga strong  EBITDA dan kami ingin memberikan  return yang bagus kepada pemegang saham”.

Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan Panca Budi Idaman, Lukman Hakim mengatakan, pihaknya masih melanjutkan beberapa strategi pada tahun ini sebagai upaya meningkatkan laba bersih perseroan. Pertama, Kami meningkatkan dan mendorong penjualan kemasan Plastik food grade  dan melakukan diversifikasi produk selain kemasan plastik seperti  kertas nasi, dus kue, gelas plastik, dan food pack. Kedua, Pada masa pandemi Covid 19, kami memberlakukan protokol kesehatan di kantor dan pabrik kami. Ketiga, Memperluas Pangsa Pasar dan jangkauan distribusi. Keempat, Meningkatkan Best Brand Value dan meningkatkan second brand value. Kelima, Penambahan Kapasitas Produksi, Peningkatan Efisiensi dan Keunggulan Operasional.  

Menurut Lukman Hakim, Direktur sekaligus Sekretaris Perusahaan PT Panca Budi Idaman Tbk prospek bisnis PBID ke depan masih sangat bagus  karena  Kami meningkatkan dan mendorong penjualan kemasan Plastik food grade, dan melakukan diversifikasi produk selain kemasan plastik seperti  kertas nasi, dus kue, gelas plastik, dan food pack. Semua ini sangat dibutuhkan untuk sektor makanan dan minuman, pasar tradisional, UKM, e-commerce, online food delivery,  dll. Untuk Produk selain kemasan plastik  telah mengalami kenaikan penjualan hampir 35% pada tahun 2019 dibanding 2018, Kedepan kami yakin akan terus Growth dan terus berkembang.

Saat ini, kemasan plastik masih paling praktis, mudah didapat (available), harganya lebih murah, lebih ringan dan mudah digunakan. Industri Kemasan Plastik adalah industri padat karya yang menciptakan lapangan kerja sesuai dengan tujuan pemerintah cipta lapangan kerja. Kami masih sangat optimis karena kemasan plastik mendukung sektor makanan dan minuman, dll.


Tag

TERBARU

×