kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45901,64   -3,77   -0.42%
  • EMAS948.000 -0,94%
  • RD.SAHAM -0.21%
  • RD.CAMPURAN 0.05%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.11%

Tips Memilih Cermin yang Sempurna Untuk Hunian


Kamis, 01 April 2021 / 09:00 WIB
Tips Memilih Cermin yang Sempurna Untuk Hunian
ILUSTRASI. Kontan - Tony Prasetyo Seremonia Online

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Bagaimana membuat ruangan kecil terlihat lebih luas? Jawabannya maka sangat sederhana, cukup gunakan cermin. Sebuah perlengkapan minimalis yang memiliki banyak fungsi, baik itu menjadi reflektor untuk memantulkan benda di depannya maupun ruangan dimana benda tersebut berada.

Selain itu ternyata juga ditemukan manfaat bagi sebuah ruangan yang menggunakan cermin seperti

  • Menambahkan kesan luas pada ruangan mungil seperti apartemen atau hunian terbatas
  • Menegaskan bentuk atau dimensi pada jenis ruang apapun
  • Menonjolkan benda-benda yang ada pada area penempatan cermin
  • Memberikan cahaya alami, terutama jika diletakan dekat dengan jendela

Namun selain manfaat hal lainnya yang juga harus diperhatikan adalah cara memilih cermin baik itu yang sesuai dengan gaya, bentuk maupun ukuran yang pas dengan kebutuhan.

 

# Bentuk Cermin

Untuk menemukan bentuk cermin yang sesuai adalah sebuah tantangan yang harus dipecahkan, pasalnya keberadaan perlengkapan ini akan mempengaruhi mood pemiliknya, menonjolkan benda bahkan memberikan ilusi ruangan yang maksimal.

Saat ini sendiri ada beberapa bentuk reflektor yang bisa kamu temui seperti

 

Kotak/ Persegi Panjang

Bentuk reflektor yang berbentuk persegi panjang/kotal dan memiliki lebar yang cukup luas. Dapat diletakan vertikal maupun horizontal, yang mampu memberikan tampilan secara maksimal dari bawah ke atas.

 

Bulat

Memberikan tampilan yang lembut dan merupakan jenis yang paling populer diantara jenis reflektor lainnya. Cocok digunakan untuk ruang tamu maupun ruang keluarga.

 

Custom

Memiliki bentuk yang unik, dan memberikan nilai tambah bagi pemiliknya. Mampu menghadirkan kesan dekoratif yang kuat dan memberikan kesan positif untuk ruangan dimana benda ini ditempatkan.

 

# Ukuran

Jika kamu bertanya mengapa tidak boleh membeli reflektor dengan asal-asalan, alasannya karena dapat memberikan efek yang berbeda dari sebuah ruangan. Perlu diketahui jika perlengkapan yang terbuat dari kaca ini juga menjadi titik point, dan latar belakang ruangan.

Secara umum panduan untuk memilihnya adalah gunakan produk yang cukup besar jika ingin menonjolkannya sebagai titik fokus ruang, serta tambahkan bingkai pada sekitarnya untuk menambah keindahan. Berikutnya jika nantinya memiliki fungsi sebagai background, maka wajib memilih dengan ukuran ekstra besar yang akan memberikan kesan luas, dan hindari menggunakan bingkai. Sementara itu cermin berukuran kecil sendiri dapat berguna sebagai benda yang memantulkan objek, hingga menangkap cahaya

 

# Gaya cermin

Nah, untuk memaksimalkan penggunaan cermin maka pastikan untuk memilih gaya yang tepat. Hal ini sendiri perlu diperhatikan karena memainkan peranan penting dalam sebuah area. Misalnya saja bagi kamu yang menyukai gaya modern, maka pilihlah bingkai yang sederhana seperti garis-garis atau tanpa bingkai.

Namun untuk menonjolkan gaya tradisional atau etnis, maka warna emas dan ukiran yang kuat akan memberikan pengaruh yang kuat. Sementara itu jika ingin menonjolkan tampilan industrial maka warna perunggu merupakan padanan yang tepat.

Untuk mendapatkan produk yang sesuai dengan keinginan kamu, percayakan pada Ruparupa yang merupkan E-commerce dengan konsep one stop solution yang menjual cermin pilihan, perlengkapan dapur, hingga hobi dan gaya hidup.


Tag

TERBARU

×