kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45989,59   -6,37   -0.64%
  • EMAS998.000 -0,60%
  • RD.SAHAM -0.07%
  • RD.CAMPURAN 0.04%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.07%

Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri


Minggu, 13 Maret 2022 / 09:00 WIB
Tips Mendapatkan Beasiswa Kuliah di Luar Negeri

Reporter: Tim KONTAN | Editor: Ridwal Prima Gozal

KONTAN.CO.ID - Kuliah di luar negeri kini bukan lagi mimpi. Setiap orang memiliki kesempatan yang sama untuk dapat menjajal pendidikan di negara orang. Meskipun ada kesempatan, terkadang ada hambatan yang menyertainya terutama dalam hal biaya. Seperti yang diketahui, biaya hidup dan biaya pendidikan di luar negeri tidaklah murah.

Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena sekarang sudah banyak beasiswa kuliah ke luar negeri yang bisa kamu coba. Karena banyak peminatnya, pasti banyak juga saingannya. Kamu harus bersaing dengan banyak orang yang juga ingin mendapatkan beasiswa kuliah di luar negeri. Gimana sih, caranya dapat beasiswa kuliah di luar negeri? Berikut tipsnya!

1. Carilah Informasi Sebanyak Mungkin

Setiap kali pendaftaran dibuka, informasi seputar beasiswa pun juga akan diperbarui. Oleh sebab itu, kamu harus mencari informasi sebanyak mungkin terkait beasiswa yang ingin kamu ambil. Hal ini karena informasi yang didapatkan akan sangat berpengaruh terhadap kelancaran dalam mengurus pendaftaran nantinya.

Kamu bisa mendapatkan berbagai informasi seputar beasiswa kuliah melalui internet, pihak kampus, tempat bimbel online, dan lain sebagainya. Jangan pernah malu untuk bertanya pada siapapun agar tidak ketinggalan informasi penting seputar beasiswa yang kamu minati beserta persyaratan yang harus dipenuhi.

2. Buat Daftar Beasiswa yang Diinginkan

Membuat daftar beasiswa yang diinginkan bisa menjadi motivasi agar kamu memiliki target ke depannya. Jika kamu sudah mencari informasi dan riset kampus impian, maka mulailah membuat daftar peluang beasiswa yang kamu inginkan. Pilihlah beasiswa yang benar-benar sesuai dengan kualifikasi serta kemampuan diri kamu.

3. Pahami Visi Misi Organisasi Penyedia Beasiswa

Biasanya pihak penyedia beasiswa itu berasal dari organisasi dan tak jarang pula dari lembaga penyedia jasa bimbel online, pihak pemerintahan, ataupun otoritas kampus. Pahami visi, misi dan identifikasi semua informasi penting. Tunjukkan bahwa kamu memiliki potensi, prestasi, dan cocok menjadi kandidat terbaik sebagai penerima beasiswa.

Selain itu, beritahu partisipasi apa yang bisa kamu berikan jika terpilih menjadi salah satu calon penerima beasiswa. Penting juga untuk mengetahui bagaimana organisasi penyedia beasiswa tersebut dalam menyeleksi setiap kandidatnya. Ini menjadi bekal untuk mempersiapkan diri sebaik mungkin agar kesempatan kamu lolos semakin besar.

4. Pilih Negara dengan Jumlah Pelamar yang Sedikit

Cobalah memilih negara dengan jumlah pelamar yang sedikit. Hindari memilih negara dengan jumlah pendaftar beasiswa terbanyak karena ini dapat mengurangi peluang kamu. Tipsnya, buatlah daftar negara-negara yang jumlah peminatnya sedikit, lalu mulailah mencari beasiswa apa saja yang disediakan negara tersebut untuk warga negara asing.

5. Buat Motivation Letter yang Tidak Biasa

Motivation letter menjadi salah satu persyaratan wajib yang harus dipenuhi oleh setiap penerima beasiswa. Hindari membuat motivation letter yang mainstream karena itu sudah dianggap biasa oleh pihak penyedia beasiswa. Buatlah diri kamu memiliki nilai plus dibandingkan yang lainnya.

Selanjutnya, kamu juga dapat menuliskan fakta-fakta menarik tentang diri kamu. Buatlah motivation letter yang bisa menggambarkan betapa besar tekad dan niat kamu untuk bisa mendapatkan beasiswa tersebut.

6. Masukkan Lamaran Sesegera Mungkin

Hindari menyetor berkas saat akhir pendaftaran. Sebaliknya, masukkan berkas lebih awal. Memang tidak ada jaminan 100% bisa lolos, tapi setidaknya panitia bisa memeriksa berkas kamu dengan seksama dan menemukan fakta menarik yang bisa menjadi bahan pertimbangan mereka dalam meloloskan kamu menjadi salah satu penerima beasiswa.

Nah, itulah beberapa tips mendapatkan beasiswa di luar negeri. Jika kamu ingin kuliah di luar negeri lewat jalur beasiswa, pastikan kamu bersungguh-sungguh untuk meraihnya. Selain belajar dan melengkapi berbagai persyaratan, jangan lupa berdoa dan selalu menyertakan Tuhan di setiap langkahmu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News



TERBARU
Kontan Academy
Supply Chain Management on Practical Inventory Management (SCMPIM) Supply Chain Management Principles (SCMP)

×