kontan.co.id
banner langganan top
| : WIB | INDIKATOR |
  • LQ45938,93   0,00   -0.00%
  • EMAS932.000 0,00%
  • RD.SAHAM 0.17%
  • RD.CAMPURAN 0.18%
  • RD.PENDAPATAN TETAP -0.04%

Website Baca Al-Quran Online Gratis Lengkap dengan Tafsirnya


Selasa, 02 November 2021 / 16:06 WIB
Website Baca Al-Quran Online Gratis Lengkap dengan Tafsirnya
ILUSTRASI. Belajar Al-Quran dan maknanya kini semakin mudah lewat website baca Al-Quran online. Dilengkapi dengan penjelasan tafsir dari berbagai sumber

Reporter: Adv Team | Editor: indah sulistyorini

KONTAN.CO.ID - Al-Quran online hadir untuk memudahkan umat membaca dan mempelajarinya. Meskipun itu tidak serta merta menggantikan Al-Quran bentuk fisik.

Ulama memang mengatakan lebih baik membaca Al-Quran dari mushaf alih-alih dalam wujud modern. Namun pengaruh teknologi sama sekali terhindarkan.

Segala aspek kehidupan pada akhirnya akan merujuk pada teknologi terbaru, baik secara kualitas maupun kuantitasnya.

Al-Quran online, apapun itu jenisnya, dapat menjadi alternatif yang sangat berguna. Khususnya bagi umat muslim dengan mobilitas tinggi atau sedang berhalangan.

Jenis Al-Quran online dibagi menjadi dua, yaitu yang berbasis seluler dan website. Untuk kasus ini, website Al-Quran adalah yang paling praktis.

Seberapa menguntungkan adanya website Al-Quran bagi umat muslim?

Website Baca Al-Quran Online

Keuntungan utama pengguna website Al-Quran online adalah tidak perlu membayar. Jelas, sebagian besar layanan semacam ini bebas biaya berlangganan.

Tinggal mengaksesnya dari web browser dan mulai mencari surat atau ayat yang Anda inginkan.

Tak perlu khawatir kesulitan karena Al-Quran online menyediakan teks Arab latin serta terjemahan bahasa Indonesia. Dengan begitu Anda bisa membaca setiap ayat sambil memahami artinya.

Beberapa website juga dilengkapi dengan fitur tafsir per ayat. Tafsir merupakan penjelasan mendalam tentang maksud dan tujuan ayat lebih dari sekadar terjemahan.

Misalnya seperti di Tafsirweb.com, yang memiliki tafsir untuk 6236 ayat dari 114 surat. Menurut klaim, website Al-Quran ini adalah penyedia tafsir online per ayat terlengkap di Indonesia.

Inilah kemudahan dari Allah SWT, di mana Anda bisa belajar tafsir Al-Quran secara gratis. Cukup klik nomor suratnya lalu akan muncul deretan tafsir dari berbagai sumber terpercaya.

Belajar Tafsir di Website Al-Quran Online

Tafsir bukan sembarang pemahaman tentang arti dari ayat Al-Quran. Orang yang menulisnya adalah seorang ahli yang tinggi ilmunya.

Tafsirweb.com sendiri menggunakan sumber-sumber terpercaya. Sebagian besar versi sudah rampung dicantumkan ke seluruh ayat.

Di dalamnya termasuk tafsir al-Muyassar, al-Mukhtashar, al-Wajiz, dan lain-lain. Total ada 10 lebih sumber tafsir sudah bisa Anda pelajari di sana.

Kelebihan belajar tafsir di website Al-Quran online adalah menghemat waktu dan praktis. Misalnya suatu waktu Anda terpikirkan tentang makna suatu ayat, pencariannya tak sampai satu menit.

Ini semudah menggulirkan layar dan mengklik ayat yang ingin Anda pelajari.

Tentu keutamaannya sama saja dengan membaca buku-buku tafsir Al-Quran dari para ahli. Bedanya hanya pada aksesibilitas, di mana umat sekarang kian dimudahkan dengan akses internet.

Bayangkan Anda harus membawa buku tafsir tebal ke mana-mana. Itu pun biasanya cuma dari satu penulis.

Untungnya teknologi memangkas keterbatasan tersebut melalui website Al-Quran online. Jika sekarang Anda membuka Tafsirweb.com, maka isinya sama seperti belasan buku tafsir yang ada.

Hukum Membaca Al-Quran di HP

Saat ini HP mungkin jadi benda paling melekat bagi sebagian besar orang. Itulah alasan kenapa muncul inovasi seperti aplikasi dan website Al-Quran.

Masalahnya, sering muncul keraguan tentang hukum membaca Al-Quran di HP. Beberapa orang menganggap pahalanya akan berbeda.

Tetapi ahli tafsir Quraish Shihab mengatakan tidak ada masalah selama bacaannya benar. Bukan hanya di HP, bahkan sah-sah saja meski bentuknya audio atau video.

Justru kepraktisan semacam ini yang mencegah kita beralasan lagi untuk membaca Al-Quran.

Sementara soal perbedaan pahala, tidak ada dalil tentang itu. Rasulullah SAW mengatakan siapapun yang membaca Al-Quran akan mendapat 10 kali lipat pahala untuk setiap hurufnya.

Apalagi jika Anda bisa membaca Al-Quran sekaligus mempelajari tafsirnya. Selain mendapat pahala Anda juga akan memahami makna ayat-ayatnya dengan baik.

“Ini adalah sebuah kitab yang Kami turunkan kepadamu penuh dengan berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayatnya dan supaya mendapat pelajaran orang-orang yang mempunyai pikiran.” (QS. Shad: 29)

Kesimpulan

Dalam beberapa tahun terakhir digitalisasi berbagai macam hal sudah jadi sesuatu yang lazim, termasuk Al-Quran online.

Sisi kepraktisannya sangat dibutuhkan oleh sebagian orang yang tidak mungkin menjangkau Al-Quran pada waktu tertentu. Jaringan internet juga memungkinkan Anda terhubung dengan Al-Quran di manapun.

Namun pastikan Anda memilih referensi website Al-Quran online yang benar-benar terpercaya dan berfitur lengkap. Tafsirweb.com mungkin adalah solusi yang Anda cari selama ini.

Selanjutnya: Medco Energi (MEDC) terbitkan obligasi Rp 1 triliun dengan bunga hingga 8,5%


Tag

TERBARU
Kontan Academy
UU Kepailitan Tuntas Mendelegasikan Tugas

×